Senin, 22 Juli 2013

Hubungan Antara Hardware, Software dan Brainware dalam Sebuah Sistem Komputer

Dalam sebuah sistem komputer, ada 3 bagian yang berpengaruh sangat penting bagi bekerjanya sebuah komputer. Bagian-bagian itu adalah hardware, software dan brainware. Tiga bagian ini sangat berkaitan erat dan bekerja bersama-sama untuk melaksanakan suatu operasi komputer.

Hardware atau biasa disebut perangkat keras komputer adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik

Software adalah sekumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.

Agar komputer dapat membaca, mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir, dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya. Program adalah instruksi dalam bahasa mesin atau yang dapat dibaca oleh komputer yang dirancang untuk tujuan tertentu sehingga kalau operator menjalankan komputer dan memijat tombol tertentu (misalnya untuk memroses data akuntansi) disebut dengan program aplikasi (aplication program).

Pengertian perangkat lunak menunjuk pada program dan alat bantu lain yang bersifat menambah kemampuan komputer sebagai alat untuk melaksanakan tugas atau operasi tertentu. Program aplikasi dapat dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan khusus pula (tailor-made) atau berupa paket yang mempunyai aplikasi umum. Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Brainware adalah bagian penting dari sebuah sistem komputasi .Perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa perangkat lunak.sementara perangkat keras dan perangkat lunak memerlukan brain ware untuk menggunakannya. secara harfiah,brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini oktak manusia )yang mengoperasikan dan mengexplorasi kemampuan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang ada. Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing,diantaranya Programer,System Analist,System administator,Database Administrator,Database Engeener,Stytem Integrator,Network Designer,Network Engineer,Software Engineer,Hardware Engineer,System Auditor,Dan User (Pengguna)

Nah, ketiga bagian itu akan bekerja bersama-sama dalam sistem komputer dan memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Jika hardware tanpa software, maka suatu operasi komputer tidak bisa dijalankan. Begitu juga sebalikanya. Sedangkan brainware akan menjadi operator bagi semua unit yang bekerja dalam sistem komputer

Categories:

3 komentar: