Senin, 22 Juli 2013

Definisi Brainware

Selain hardware dan software, yang terpenting dalam operasi sebuah komputer adalah brainware. Apa itu brainware? Brainware adalah bagian penting dari sebuah sistem komputasi .Perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa perangkat lunak.sementara perangkat keras dan perangkat lunak memerlukan brain ware untuk menggunakannya. secara harfiah,brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini oktak manusia )yang mengoperasikan dan mengexplorasi kemampuan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.

Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing,diantaranya Programer,System Analist,System administator,Database Administrator,Database Engeener,Stytem Integrator,Network Designer,Network Engineer,Software Engineer,Hardware Engineer,System Auditor,Dan User (Pengguna)

  •  Programmer merupakan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia . 
  • System Analyst Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis dan menuangkannya dalam sebuah rancangan sistem sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi. 
  • System Administrator Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh system analist dan dibuat oleh programmer. 
  • Database Administrator Merupakan orang yang mengelola sebuah sistem database.
  • Database Engineer Merupakan orang yang sebuah sistem database sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan akan pengelolaan data,baik saat ini maupun saat akan datang. 
  • System Integrator Merupakan orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh system analist dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun kemudian hari. 
  • Network Designer Merupakan orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.
  • Network Engineer Merupakan orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking.Dia bertanggung jawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking. 
  • Software Engineer Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat lunak(Aplikasi ,driver,maupun sistem operasi) 
  • Hardware Engineer Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat keras sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya. 
  • System Auditor Merupakan orang yang bertugas mengaudit sebuah sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi,sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.
  • Pengguna (User) Merupakan orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar