Sabtu, 10 November 2012

Cara Setting Koneksi Wireless Hotspot pada Windows 7

Terinspirasi dari curhatan seorang teman yang menceritakan jika laptopnya tidak bisa mengkases sinyal hotspot di kantornya. Saya kemudian bertanya, "apakah driver untuk wirelessnya sudah di instal?" Dia menjawab "sudah". Dengan pertimbangan memberi penjelasan lewat HP tentu agak sulit dipahami, maka saya menuliskan saja tutorialnya di sini agar ilmu ini bisa dipakai oleh siapa saja yang membutuhkan cara setting wireless hotspot di laptopnya.

Baiklah sobat kita mulai saja. Ikuti penjelasan berikut ini ya sob...

Berikut Cara Setting koneksi internet Wi Fi di Windows XP dan WIndows 7 Laptop atau Komputer anda : 1. Pastikan telah terinstall driver dari perangkat wi-fi pada komputer/laptop anda. Wi-fi internal atau eksternal sama saja yang penting berfungsi dan driver telah dipasang.

2. Jika telah terpasang sempurna driver (lihat di device manager), biasanya akan otomatis terdetect jika ada jaringan hotspot yang berada di daerah jangkauan. Petunjuk koneksi terlihat pada bagian icon sys tray Windows di kiri bawah layar.

3. Pada Control Panel » Network Connection klik dua kali pada wireless network connection yang ada (bisa juga dari icon sys tray)

4. Pada menu samping kiri, pilih refresh netwok list, sehingga akan muncul daftar nama pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan

5.Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok: unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dan kita akan mendapatkan IP address dinamik. Sedangkan pada secured kita harus registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan baru mendapatkan IP address.

6.Pilih salah satu yang unsecured jika ada dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia. Jika yang pemancar yang unsecured banyak, pilihlah yang kuat sinyalnya seperti yang dilihat pada masing-masing indikasi kualitas sinyal.

7. Kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah, tunggu proses untuk mendapatkan IP address secara otomatis selesai

8. Jika connect, pada icon tray, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan jenis kekuatan sinyal yang diterima seperti Excelent (54 Mbps), Very Good, Good, Low, dan yang paling jelek kategori poor

9Jika jaringan terputus, biasanya akan otomatis tersambung lagi pemancar yang sama atau pemancar lain yang lebih baik kualitas sinyalnya.

10. Berhati-hatilah dengan data pada komputermu, jangan ada folder yang di-share bebas sehingga orang lain bisa mengirim program jahat.

Categories:

5 komentar:

  1. gan aspire e1-431 bisa gak pake window 8 atau xp dan bagaimna cra nya

    BalasHapus
  2. ahmad shafarullah7 September 2013 23.38

    Kakak.. Aku boleh tanya gak... Cara hidupin wi-fi di laptop wndows 7 gmn sih?? Kok gak bisa2...
    Tolong ya kak

    BalasHapus
  3. aku mau nanya ni,, gmn ea kalau sudah conect tapi internetnya g' mw
    maksudnya langsung problem loading page tanpa loading dulu

    BalasHapus