Minggu, 13 Januari 2013

Tahun 2013 Diprediksi Menjadi Era Phablet

Samsung Galaxy Note II: Contoh Phablet (cnet.com)
Anda pernah mendengar istilah phablet sobat? Yups, phablet adalah istilah yang digunakan untuk menyebut ponsel berukuran jumbo. Awalnya ponsel berukuran jumbo ini sempat diremekan keadirannya. Namun ternyata animo pasar untuk ponsel berukuran jumbo ini cukup besar. Bahkan produsen phablet memprediksi tahun 2013 adalah eranya phablet.

Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (12/1/2013) mengatakan bahwa tahun 2013 adalah era untuk phablet.

Kesuksesan phablet dimotori oleh Samsung Galaxy Note. Versi keduanya, Galaxy Note II, terjual 5 juta unit hanya dalam dua bulan pemasarannya.

Sekarang, beberapa vendor pun seakan berlomba merilis ponsel jumbo. Seperti Huawei yang sudah memperkenalkan Ascend Mate, phablet berukuran 6,1 inch.

Juga Sony, HTC. Lenovo dan ZTE telah meluncurkan handset seukuran 5 inch atau lebih. Sepertinya, mereka ingin turut menangguk untung di segmen phablet.

Menurut prediksi Barclays, pasar untuk phablet akan meningkat empat kali lipat menjadi USD 135 miliar dalam tiga tahun ke depan. Pengapalan ponsel dengan layar 5 inch atau lebih itu, diproyeksi akan berjumlah 228 juta unit dalam periode yang sama.

Sejatinya, phablet pertama boleh dibilang adalah Dell Streak, namun tidak sukses. Sebab kala itu, Streak masih dinilai sebagai perangkat yang aneh.

"Streak diluncurkan pada saat smartphone 3 inch menjadi standar dan lompatan ke 5 inch terlalu jauh. Sedang Galaxy Note dirilis ketika ponsel 4 inch sudah umum dan lompatan ke 5 inch tak terlalu banyak," kata Mawston. Sumber

1 komentar: