Kamis, 04 Oktober 2012

Istilah-istilah Seputar Motherboard

Hallo sobat...! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga kesehatan dan kesuksesan selalu terlimpahkan untuk Anda. Amiin...

Sudah siap belajar komputer lagi sob...? Jika sudah siap mari kita mulai. Kali ini saya akan berbagi dengan Anda tentang istilah-istilah seputar motherboard. Mungkin selama ini sebagian dari kita hanya mengenal motherboard sebagai sebuah papan rangkaian sebagai tempat untuk memasang perangkat keras (hardware) PC kita. Namun ada beberapa istilah yang terkait denga motherboard. Oke sob...berikut istilah-istilahnya:

Chipset
Potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komonen komputer paling tidak memiliki sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer atau yang biasa kita kenal dengan BIOS. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU adalah salah satu contoh chip yang paling penting karena Chip CPU adalah pusat dari pengontrolan semua input/output pada komputer.

Controller
Bertugas mengatur operasi dari peralatan yang berada di bawah pengaturan motherboard. Bentuk fisik berupa sebuah chip dengan ukuran beragam, tergantung fungsi dan fasilitas yang dimilikinya.

HSF (Heat Sink Fan)
Kompunen CPU yang digunakan untuk meminimalisasi panas atau yang biasa kita kenal dengan pendingin. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan aktif sebagai pengusir panas dari heatsink. Dengan chipset yang tetap dingin akan meningkatkan performa komputer Anda.

Integrated Graphic Controller
Biasa juga disebut dengan IGP (Integrated Graphic Port)pada sebagian sebagian produk chipset. IGC adalah chipset grafis yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGC atau IGP tidak memiliki memori yang khusus untuk dirinya dan mengambil langsung pada memori komputer utama.

Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan prosessor ke memory system dan bus AGP/PCI-ex dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge

Slot
Tempat untuk menaruh perangkat antar muka atau peripheral tambahan pada motherboard. Misalnya slot AGP, untuk video card, slot ISA, slot DIMM untuk memori dan slot-slot lainnya.

Socket
Hampir sama dengan slot. Hanya saja biasa berupa dudukan prosessor atau berupa hamparan matriks dua dimensi. Masing-masing produsen dan jenis prosessor memiliki jumlah pin yang berbeda. Misalnya socket A (462 pin), socket 754, socket 939, socket AM2 (940 pin), socketAM2= pada prosessor AMD.

Southbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain

Itulah istilah-istilah yang berkaitan dengan motherboard, semoga menambah pengetahuan dan wawasan Anda tentang komputer. Selamat beraktivitas....

0 komentar:

Posting Komentar