Kamis, 11 Oktober 2012

Definisi dan Cara Kerja Web Browser

Definisi Web Browser

Internet atau Web Browser adalah sebuah sebuah program komputer untuk mengakses situs atau informasi dari jaringan internet (Merriam-Webster's dictionary). Definisi ini tentu sangat sederhana untuk menggambarkan sebuah web browser sebab masing-masing web browser memiliki style yang berbeda dan nuansa mereka sendiri-sendiri. Namun pada intinya, web browser adalah program yang digunakan untuk melihat halaman web seperti yang sedang Anda lakukan saat ini.

Bagaimana Cara Sebuah Web Browser Mengambil Halaman Web?

Aplikasi web bowser akan mengambil atau mendownload kode yang biasanya ditulis dalam HTML(HyperText Markup Language) atau dengan bahasa pemrograman lain dari server web, kemudian menterjemahkannya menjadi teks atau gambar dan menampilkannya ke layar browser seperti yang sedang Anda lihat saat ini. Pada kebanyakan kasus, interaksi pengguna dibutuhkan untuk memberitahu web browser tentang situs atau halaman web apa yang ingin dilihat. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat web atau URL pada bar alamat browser.

Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator), yang Anda ketik ke bar alamat browser memberitahu browser di mana tempat untuk mengambil halaman web yang kita inginkan. Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa Anda mengetik URL berikut ke address bar browser: http://komputekpro.blogspot.com/. Dalam hal ini, Anda berusaha untuk mencapai Blog Komputer dan Teknologi Profesional. Pada bar web browser terlihat di URL ada dua bagian utama. Yang pertama adalah protokol, yang pada alamat yang tertera adalah "http://". HTTP, yang merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirimkan file di Internet. Karena browser sekarang tahu bahwa protokol HTTP, ia tahu bagaimana menafsirkan segala sesuatu yang terletak di sebelah kanan dari garis miring ke depan. Sekarang melihat "padepokankomputer.blogspot.com", yang memberitahu browser lokasi server web yang dibutuhkan untuk mengambil halaman dari http://komputekpro.blogspot.com.

Selanjutnya, setelah mencapai web server ini, web browser akan mengambil halaman indeks dari direktori. Setelah halaman ini diambil oleh browser,, kemudian diinterpretasikan dan diberikan di jendela utama browser bagi Anda untuk melihat.

Itulah pengetahuan dasar tentang web browser yang pelu Anda ketahui. Semoga menambah ilmu dan wawasan anda tentang internet dan web.

1 komentar: